Kegiatan Pemasaran :
- Perencanaan Produk (Product Planning)
- Penetapan Harga
- Distribusi Fisik
- Saluran Distribusi
- Periklanan
5 Konsep Pemasaran
1. Product Concept (Konsep Produk)
Berpendapat bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah.
2. Production Concept (Konsep Produksi)
Berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan fitur yang paling bermutu, berkinerja atau inovativ.
3. Selling Concept (Konsep Penjualan)
Berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis jika dibiarkan tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produk yang ditawarkan oleh organisasi tertentu. Oleh karena itu, organisasi itu harus melakukan usaha penjualan dan promosi.
4. Concept Marketing (Konsep Pemasaran)
Menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan.
5. Concept Social Marketing (Konsep Pemasaran Sosial)
Menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing dengan cara yang tetap mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen.
Ciri Social Marketing:
- Memberikan beasiswa
- Memberikan bantuan sosial
- Keuntungan pengusaha = Kemakmuran pedagang
Marketing Tidak Lepas Dari:
- Segmentation
- Targeting
- Positioning
Dimensions For Segmenting Consumer Markets
“Segmentation is the process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more characteristics”
Demographic = Age, gender, familiy structure, income, social class, race & geography
Psyhographic = Life styles, attitudes, interests & opinions
Behavioral = User status, usage rate & usage occasions
Saly di BB & London Simkin (2001) menyatakan bahwa marketing bukan ilmu pengetahuan. Hal ini satu-satunya definisi yang mengkoreksi atau pendekatan untuk menyutujui tentang marketing. Ada pemikiran tentang tema umum, yang terpenting adalah:
- Kemampuan untuk memuaskan pelanggan
- Mengidentifikasi peluang pemasaran yang menguntungkan
- Keharusan untuk menciptakan keunggulan di banding kompetitor
- Kemampuan untuk menciptakan profit atau surplus keuangan untuk memungkinkan organisasi dapat bertahan hidup di masa yang akan datang
- Penggunaan sumber-sumber secara tepat untuk memaksimumkan market business position
- Tujuan untuk menciptakan pangsa pasar dalam prioritas pasar sasaran
0 komentar:
Posting Komentar