"Harry Potter" Raih 330 Juta Dolar AS di Box Office Global

"Harry Potter" Raih 330 Juta Dolar AS di Box Office Global
Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Remaja penyihir Inggris Harry Potter mengukir keajaiban lagi. "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1", film serial terbaru Harry Potter menyabet box office pada akhir pekan dan mengantungi 330 juta dolar AS dalam penjualan tiket global.
Harry dan teman-temannya di sekolah sihir Hogwarts membuat terpesona penonton bioskop di lebih dari 50 negara dan menjadi debut terbaik yang pernah ada di AS dan Kanada, dengan membukukan penjualan sebanyak 125,1 juta dolar AS.
Enam film "Harry Potter" sebelumnya mengumpulkan 5,4 miliar dolar AS buat Warner Bros,
Di Amerika Serikat dan Kanada, pengisi tempat teratas box office pekan sebelumnya, film komedi "Megamind", berada di urutan kedua tapi dengan pendapatan yang tertinggal jauh yaitu 16,2 juta dolar AS. Tapi film animasi itu masih mengalahkan cerita kereta pelarian "Unstoppable" dengan pemasukan 13,1 juta dolar AS.
Tapi mengingat ketenaran film-film "Harry Potter", film lain diperkirakan takkan bisa bersaing melawan film No.1 tersebut.
Penghasilan 125,1 juta dolar AS buat "Deathly Hallows: Part 1" mengalahkan debut akhir pekan terbaik film "Harry Potter" sebelumnya di Amerika Serikat dan Kanada --yang meraup 102,7 juta dolar AS buat "Harry Potter and the Goblet of Fire" pada November 2005.
"Deathly Hallows: Part 1" menempati posisi ke-6 di jajaran box office mengenai debut akhir pekan terbaik sepanjang masa, di belakang "Iron Man 2" --yang pada awal tahun ini mengantungi 128,1 juta dolar AS.
Film itu, yang dilandasi atas babak terakhir serial buku laris karya J.K. Rowling, mengumpulkan lebih dari 30.000 dolar AS per bioskop di lebih dari 4.100 tempat saja di AS dan Kanada. Sebaliknya, "Megamind" menghasilkan 4.300 dolar AS per lokasi di hampir 3.800 bioskop.
Bioskop layar raksasa IMAX mengumpulkan 12,4 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada buat film "Harry Potter" tersebut dan menghasilkan rekor baru IMAX. Film yang dipenuhi pertarungan sihir itu mengalahkan "Alice in Wonderland" dan debut IMAX-nya, 12,1 juta dolar AS, demikian laporan Hollywood.com Box-Office.
Film itu diputar di sebanyak 54 negara di luar Amerika Serikat. Di Inggris, film tersebut meraup 17,5 juta pound (28 juta dolar AS), dan di Australia mengantungi 15 juta dolar Australia (14 juta dolar AS).
Jerman menyumbang 16 juta euro (sekitar 21,8 juta dolar AS) buat debut film "Harry Potter" tersebut, sementara Jepang memberi 1,2 miliar yen dari penjualan tiket (14 juta dolar AS), demikian keterangan Warner Bros.
Sebelum akhir pekan, Warner Bros menyatakan perusahaan itu memperkirakan "Deathly Hallows: Part 1" akan menembus angka 100 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada, sementara pengamat box office berspekulasi film tersebut bisa meraih sebanyak 150 juta dolar AS.
Tapi hanya dua film sebelumnya yang mampu menembus ambang atas itu. Film "Batman", "The Dark Knight", menghasilkan debut terbaik yang pernah ada dengan 158 juta dolar AS pada 2008. Dan di No.2 ada "Spider-Man 3", yang memperoleh 151 juta dolar AS dalam debutnya 2007, demikian Hollywood.com Box-Office.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar